PERAN PRODI S3 IKM UNS DALAM MEWUJUDKAN UNS KAMPUS SEHAT

Universitas Sebelas Maret bertekad mewujudkan kampus sehat. Peluncuran program kampus sehat dilakukan di UNS pada November 2019. Program  diikuti dengan berbagai kegiatan yang mendukung upaya peningkatan kesehatan di kampus, termasuk olahraga, penciptaan lingkungan hijau dan bersih, serta pelayanan kesehatan.Tekad itu terungkap melalui webinar nasional bertajuk Go Green to Health Promoting University, Sabtu (17/10/2020).

Wakil Rektor UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, mengatakan Program Health Promoting University ini merupakan salah satu upaya promosi kesehatan berbasis lingkungan yang menerapkan pendekatan sosio-ekologis.

“Tujuannya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran dan budaya organisasi yang meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup peserta didik, staf maupun masyarakat sekitar sehingga terbentuk komunitas sehat di kampus,” ujar Prof. Kuncoro

Keynote Speaker dalam webinar ini adalah Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Kirana Pritasari, MHQI. Kirana memaparkan Health Promoting University yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan.

Menurutnya perguruan tinggi merupakan institusi terkemuka di masyarakat yang memiliki peran penting dalam membangun kapasitas sumber daya manusia, menjadi pemimpin sosial yang sesuai dan dapat diterima untuk mempromosikan kesehatan pada masyarakat.

Dengan demikian, universitas merupakan institusi besar yang memiliki potensi untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan mahasiswa, staf, dan masyarakat sekitarnya. Universitas memiliki mahasiswa yang nantinya akan menjadi tenaga profesional serta pembuat kebijakan yang dapat memberikan pengaruh berarti bagi kesehatan masyarakat.

Dr. Vitri M.S., PhD, dosen di Prodi S3 IKM FK UNS memaparkan strategi promosi kesehatan menuju kampus sehat. Sedangkan Tawang dari Sinar Mas Peduli, memaparkan berbagai kegiatan yang dilakukan Sinar Mas Peduli mulai dari Sabang sampai Merauke yang bekerja sama dengan berbagai stakeholder dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat.

Selanjutnya Dr. Agung Wibowo dosen di Fakultas Pertanian lebih menekankan peran mahasiswa di dalam mewujudkan kampus sehat maupun mempromosikan pola hidup sehat melalui Kuliah Kerja Nyata.