Dosen S3 IKM UNS Dr. Sumardiyono, S.KM, M.Kes Beserta Tim Pengabdi RG Integrated Disease Management dan RG Disease Control, Mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Puskesmas Purwodiningratan dan Puskesmas Banyuanyar, Surakarta

Puskesmas merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Berdasarkan Undang Undang No. 1 Tahun 1970 Puskesmas tergolong tempat kerja yang memiliki risiko bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bagi yang beraktivitas di tempat tersebut, misalnya bahaya penularan Covid-19, kejadian kebakaran, dan gempa bumi.

Dalam memberikan bantuan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Puskesmas, Tim Pengabdi RG Integrated Disease Management dan RG Disease Control yang diketuai oleh Dr. Sumardiyono, S.KM, M.Kes., dengan anggota Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D., Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes., Balgis, dr., MSc, CM,FM., dan Widana Primaningtyas, dr., M.K.M. mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema revitalisasi model pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja melalui program HIRADC di puskesmas Purwodiningratan Surakarta dan Puskesmas Banyuanyar Surakarta yang pada bulan Agustus sampai September 2020. Kegiatan ini sangat didukung oleh Kepala Puskesmas Purwodiningratan, dr. Farahdilla Mirshanti, M.P.H, dan Kepala Puskesmas Banyuanyar, dr. Aji Danarto.

Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa 3 buah video edukasi yang disumbangkan ke Puskesmas mitra yaitu Profil K3 Puskesmas, Safety Induction, dan Program HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control) Puskesmas. Video tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi keselamatan dan kesehatan kerja bagi yang beraktivitas di Puskesmas Purwodiningratan dan Puskesmas Banyuanyar, sehingga lebih memahami akan pentingnya K3 bagi para pegawai, tamu, pengunjung, maupun pasien yang beraktivitas di Puskesmas Purwodiningratan dan Puskesmas Banyuanyar Surakarta. Selain video, tim pengabdi juga memberikan bantuan kepada Puskesmas Purwodiningratan dan Puskesmas Banyuanyar berupa seperangkat alat pelindung diri dalam rangka pencegahan terhadap penularan Covid-19 bagi para petugas medis berupa baju kerja, apron, dan handscoon yang bermanfaat bagi petugas medis di Puskesmas.