Workshop Penguatan E-Learning dan Pengembangan Course Epidemiologi berbasis Aplikasi (Epi-SMart)

Hari Rabu, 25 November 2020 telah berlangsung kegiatan Workshop Penguatan E-Learning dan Pengembangan Course Epidemiologi berbasis Aplikasi (Epi-SMart) secara daring. Acara ini berlangsung melalui platform zoom dan dihadiri oleh 22 partisipan dan 4 orang narasumber. Acara ini merupakan bagian dari proyek penelitian HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) yang merupakan kerja sama dengan Institute of Tropical Medicine Antwerp Belgia.

Konsep dasar yang dibangun dari proyek ini adalah tercapainya akses universal ke informasi digital di bidang kesehatan melalui dukungan dua layanan universitas yang inovatif yaitu staf pendukung techno-pedagogical dan pustakawan kesehatan. Proyek penelitian ini berfokus pada inovasi layanan dukungan Perguruan Tinggi dengan peluncuran WikiTropica sebagai sumber informasi digital penting untuk pengobatan tropis. Proyek ini berlangsung di dua negar di Asia Tenggara, yaitu Indonesia dan Kamboja. Anggota konsorsium yang berasal dari Indonesia adalah Universitas Sebelas Maret dan Universitas Gadjah Mada.

Pertemuan yang berlangsung dari pukul 12.30-14.45 ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D. dan dilanjutkan paparan pengenalan proyek oleh Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd. serta paparan pengenalan aplikasi Epi-SMart oleh Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D. Acara dilanjutkan dengan pembahasan dan masukan oleh 4 orang narasumber dan partisipan yang dipandu oleh Bulan Kakanita Hermasari, dr., M.Med.Ed. Narasumber yang memberikan masukan dalam diskusi ini meliputi : dr. Kinik Darsono, M.Pd.Ked; dr. Hat Sukarmadani; dr. Aji Danarto; dr. Farahdila Mirshanti, MPH.; ketua Unit Pendidikan Kedokteran Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr., M.Pd.; serta beberapa partisipan lainnya. Acara ini ditutup dengan simpulan oleh Prof. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., Ph.D.