Dosen Program Studi S3 IKM Menjadi Moderator pada Seminar Daring “The Importance of Big Data in Improving the Quality of Healthcare“

Dr. dr. Ratih Puspita Febrinasari, M.Sc, dosen Program Studi S3 IKM menjadi moderator sesi diskusi pada Seminar Daring “The Importance of Big Data in Improving the Quality of Healthcare“.

Setiap hari sejumlah besar data diproduksi oleh sistem layanan kesehatan, yang mempunyai potensi untuk digunakan mendukung pengambilan kebijakan di bidang kesehatan. Istilah big data sering digunakan untuk menyebut data ini. Sumber-sumber untuk big data bisa berasal dari studi-studi klinis yang telah atau sedang dilakukan ataupun dari data real world dari pasien yang diambil secara rutin.

Kesadaran akan pentingnya big data dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan berbagai isu terkait penggunaan big data ini perlu dimiliki oleh seluruh pemproduksi dan pengguna big data. Online Meeting ini diadakan untuk berdiskusi tentang kedua hal ini, dan diharapkan pertemuan ini bisa menjadi cikal bakal dari adanya big data yang memadai dan berkualitas baik untuk digunakan oleh berbagai pihak dalam rangka meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia.

Dr. Ratih memandu sesi diskusi yang membahas Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS Online), Database Asuransi Kesehatan, Sistem Informasi di Rumah Sakit, Penggunaan Data di Rumah Sakit untuk Melakukan HTA, serta Penggunaan Big Data untuk Penelitian Disertasi.

Seminar ini dihadiri perwakilan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, Badan POM, PERSI, IDI, IAI, Akademisi, IPMG, dan GP Farmasi