Workshop Daring Teknis Pembuatan Video Pembelajaran dan Pengembangan Aplikasi Epi-SMART

Pada hari Rabu, 10 Februari 2021 Tim HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) dan HITIHE Alliance Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret mengadakan Workshop Daring Teknis Pembuatan Video Pembelajaran dan Pengembangan Aplikasi Epi-SMART melalui platform Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh Tim HITIHE Alliance, Unit Pendidikan Kedokteran, Pengelola KBK, Pengelola Skills Lab, serta Tim Course Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Acara ini dibuka pada pukul 12.30 dengan sambutan Ketua Unit Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Dr. dr. Veronika Ika Budiastuti, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya acara ini dilakukan agar nantinya produk sinematografi yang dihasilkan dapat dikemas dengan bagus dan menarik. Acara dilanjutkan dengan paparan luaran workshop sebelumnya dan timeline kegiatan dari Project HITIHE FK UNS yang disampaikan oleh Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi inti perihal teknis pembuatan video yang disampaikan oleh Ibu Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si. dari Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Beliau menyampaikan secara detail langkah-langkah dalam pembuatan video pembelajaran, mulai dari konsep dan perencanaan, pengembangan ide, pembuatan naskah dan storyboard, pertemuan pra produksi, produksi, hingga panduan penanganan pasca produksi. Sesi materi dilanjutkan dengan diskusi dengan pertanyaan yang diajukan oleh beberapa peserta antara lain setting yang dibutuhkan untuk mengunggah video di YouTube, waktu yang tepat bagi perekaman atau pembuatan video, dan kiat mencuplik video agar tidak dianggap plagiat.

Acara kemudian ditutup pada pukul 14.00 dengan simpulan dan arahan oleh Ketua Proyek Penelitian HITIHE FK UNS, Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D. terkait keberlanjutan proyek untuk menghasilkan luaran berupa dua video pembelajaran (Skills Lab dan KBK), aplikasi Epi-SMART, dan juga modul anthrax. Secara keseluruhan, para peserta merasa cukup puas dengan penyelenggaraan acara ini yang dapat dilihat dari komentar dalam kolom masukan pasca workshop yang direkam dengan menggunakan google form.