Workshop Sinkronisasi Modul Pembelajaran E-Learning HITIHE FK UNS-FKKMK UGM

Pada hari Rabu, 17 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan Sinkronisasi Modul Pembelajaran E-learning Proyek HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada secara daring dengan menggunakan platform aplikasi ZoomMeeting. Kegiatan workshop ini dibuka sekitar pukul 13.00 WIB dengan sambutan dan arahan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp.P(K)., FISR.

Acara dilanjutkan dengan paparan mengenai kemajuan proses penyusunan modul  antraks oleh tim HITIHE FK UNS yang disampaikan oleh dr. Robert Satriyo Budhi Susilo, Sp.PD-KPTI., M.Kes., FINASIM. Setelah sesi paparan, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd. terkait penyusunan tata letak modul pembelajaran dan penyamaan format yang akan digunakan dalam modul pembelajaran elektronik yang rencananya akan dikembangkan dengan menggunakan platform Moodle.

Diskusi berjalan hangat selama sekitar satu jam yang menghasilkan berbagai masukan penting seperti rencana pengembangan e-module melalui platform I-Spring atau Articulate, rencana kerja sama dengan mengirimkan tenaga kependidikan dari Universitas Sebelas Maret untuk magang dan belajar lebih dalam mengenai keterampilan IT yang dibutuhkan dalam pengembangan e-module, kesepakatan perihal sasaran aplikasi yaitu para dokter umum, dan juga rencana penyelenggaraan workshop pustakawan di bulan April 2021. Dalam diskusi ini hadir dr. Elisabeth Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes., Ph.D.; Dr. dr. Ida Safitri, Sp.A(K).; dr. Eggi Arguni, Sp.A., M.Sc., Ph.D.; dr. Doni Widyandana, Sp.M(K)., MHPE., Ph.D.; dr. Ajib Diptyanusa, DTM&H., MCTM.; Ratih Oktri Nanda, SKM., MPH.; Rilani Riskiyana, S.Kep.Ns., M.Med.Ed.; Wisnu Lazuardi Yusuf, S.Pd.; dan Rini Handayani, S.E. dari tim HITIHE FKKMK UGM. Sementara itu, tim HITIHE FK UNS lainnya yang hadir meliputi Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D.; dr. Vitri Widyaningsih, MS., Ph.D.; dr. Maryani, Sp.MK., M.Si.; dr. Bulan Kakanita Hermasari, M.Med.Ed.; dr. Yusuf Ari Mashuri, M.Sc.; dr. Stefanus Erdana Putra; dr. Muhammad Hafizhan; dan Suprapti, S.Pd. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan koordinasi dan penyempurnaan modul sebelum diunggah ke platform e-module. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan simpulan oleh Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D. sekitar pukul 15.00 WIB.