Assesment Lapangan Daring (Surveilens) Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret

Pada hari Selasa, 27 April 2021 Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat (S3 IKM) Universitas Sebelas Maret mengikuti kegiatan assessment lapangan daring (surveilens) yang diadakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Surveilens dipimpin oleh dr. Onny Setiarini, Ph.D. selaku asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Acara surveilens dibuka pada pukul 09.00 dengan pendahuluan dan sambutan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.

Acara dilanjutkan dengan presentasi tindak lanjut standar 1 sampai dengan 7 yang disampaikan oleh Kepala Program Studi S3 IKM, Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D. Setelah melakukan presentasi dan diskusi selama kurang lebih 30 menit, acara dilanjutkan dengan konfirmasi data dan informasi dalam tindak lanjut standar 1-7 yang dilakukan antara asesor dan para pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Program Studi (PS), unit penjaminan mutu (UPM), dan gugus penjaminan mutu (GPM). Dalam diskusi ini turut hadir Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. selaku wakil dekan bidang akademik dan Dr. Dwi Purnanto, M.Hum. selaku wakil dekan bidang sumber daya manusia dan umum. Sementara itu, hadir juga Dr. dr. Budiyanti Wiboworini, Sp.GK., M.Kes.; Dr. Sapja Anantanyu, S.P., M.Si.; Dr. Riyadi, S.Pd., M.Si.; Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.; serta Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum. dari Tim Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana. Selain itu, dalam diskusi ini hadir juga Tim Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi S3 IKM yaitu Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd.; Dr. dr. Isna Qadrijati, M.Kes.; Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes.; dan Dr. dr. Ratih Puspita Febrinasari, M.Sc.; Koordinator Bidang Penelitian Pengabdian pada Masyarakat (P2M), Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns., M.Kes.; Koordinator Bidang Akademik, Dr. dr. Veronika Ika Budiastuti, M.Pd.; serta Koordinator Bidang Kerjasama, dr. Vitri Widyaningsih, MS., Ph.D.

Setelah kegiatan ishoma acara dilanjutkan dengan penilaian sarana prasarana pembelajaran. Dalam penilaian ini, asesor menyaksikan secara live streaming beberapa ruangan yang ada meliputi ruangan studio multimedia HITIHE Project, ruangan C-STAR, dan ruangan UPM. Setelah itu, asesor melakukan penilaian tindak lanjut pada perkuliahan dan tutorial, penelitian dan pengabdian termasuk sarana dan prasarana pendukung. Dalam penilaian ini hadir perwakilan dosen yaitu Prof. Dr. dr. Hartono, M.Si. dan Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, Sp.A(K). Selain itu, hadir juga perwakilan tenaga kependidikan yaitu Bapak Samsuri, S.IP., M.Si. (Koordinator Tata Usaha); Bapak Agung Yudi Purwanto, S.E. (Koordinator Akademik); Bapak Bambang Jatmika Jaka Pratala, S.Sos. (Koordinator Non-akademik); Ibu Rus Puji Lestari, A.Md.; dan Ibu Suprapti, S.Pd.

Acara berikutnya adalah penilaian tindak lanjut proses pembelajaran, sarana prasarana, serta penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan kepada para mahasiswa dan alumni program studi S3 IKM. Dalam acara ini hadir dua orang alumni yaitu Dr. dr. Burhannudin Ichsan, M.Med.Ed., M.Kes. dan Dr. Ida Untari, SKM., M.Kes. Selain itu, hadir juga beberapa orang mahasiswa aktif program studi S3 IKM, yaitu Bapak Ronald, Bapak Adji Suwandono, Ibu Dewi Rokhanawati, dan Ibu Sri Anggarini. Rangkaian kegiatan surveilens ini juga dibantu oleh dua orang data manager yaitu dr. Stefanus Erdana Putra dan dr. Muhammad Hafizhan. Kegiatan surveilens berjalan dengan lancar dan kondusif. Acara ini ditutup pada pukul 15.00 dengan rekomendasi dan penutupan oleh asesor dengan berdiskusi dan saling mengoreksi bersama seluruh pengelola perihal hasil asesmen yang ada pada SIMAK (Sistem Manajemen Akreditasi Online).