Implementasi Green Campus pada Universitas Negeri Semarang (UNNES)-oleh Maslikhah

ABSTRAK

MASLIKHAH. 2017. Implementasi Green Campus pada Universitas Negeri Semarang (UNNES). Disertasi. Program Doktor Ilmu Lingkungan UNS Surakarta. Promotor Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd; Prof. Dr.Soetarno Joyoatmojo, M.Pd; dan Dr. Mohammad.Masykuri, M.Si.

 

UNNES merupakan perguruan tinggi (PT) yang menerapkan konsep konservasi lingkungan. Perilaku mahasiswa berdasarkan hasil observasi dan wawancara menandai variasi perilaku kurang peduli dan peduli terhadap 5 pilar green campus (5PGC) yang meliputi 1) arsitektur hijau dan transportasi berwawasan lingkungan; 2) keanekaragaman hayati; 3) pemanfaatan energi; 4) sosialisasi konservasi; dan 5) pengelolaan sampah. Fokus penelitian ini bagaimana hasil implementasi green campus pada 5 PGC? Fokus penelitian dirinci ke dalam pertanyaan tentang bagaimana pola dan makna perilaku mahasiswa UNNES pada 5 PGC?. Tujuan penelitian untuk menganalisis hasil implementasi green campus melalui 5 PGC. Metode etnografi digunakan untuk memahami fenomena yang dilakukan mahasiswa UNNES dalam konteks khusus secara alami. Sampel penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampel bertujuan melalui snowball sampling yang diawali pada mahasiswa Duta Konservasi, Green Community, Resimen Mahasiswa; Racana, Mahapala, dan Mahasiswa yang tinggal di Asrama. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi metode. Triangulasi metode melalui angket, observasi, dan wawancara yang dirancang mengikuti model Spradley dengan menggunakan pertanyaan deskriptif, struktural, dan kontras. Validasi data melalui pengecekan derajat kepercayaan, pengalihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku mahasiswa UNNES dalam mengimplementasikan 5 PGC pada a) pola perilaku pada arsitektur hijau dan transportasi berwawasan lingkungan yaitu memiliki kepekaan sosial, berkesinambungan, orientasi pada tugas, sifat kejuangan, dan keunikan; b) pola perilaku pada keanekeragaman hayati yaitu memiliki kepekaan sosial, berkesinambungan, orientasi pada tugas, perjuangan, dan keunikan; c) pola perilaku pada pemanfaatan energi yaitu memiliki kepekaan sosial, berkesinambungan, memiliki orientasi pada tugas, dan keunikan; d) pola perilaku pada sosialisasi konservasi yaitu memiliki kepekaan sosial, berkesinambungan, orientasi pada tugas, sifat kejuangan, dan keunikan; dan e) pola perilaku pada pengelolaan sampah yaitu memiliki kepekaan sosial, berkesinambungan, orientasi pada tugas, dan keunikan. 1) makna perilaku pada arsitektur hijau dan transportasi berwawasan lingkungan yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, merusak, memelihara, dan memperbaiki; 2) makna perilaku pada keanekaragaman hayati yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, merusak, memelihara, dan memperbaiki; 3) makna perilaku pada pemanfaatan energi yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, dan memelihara; 4) makna perilaku pada sosialisasi konservasi yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, memelihara, dan memperbaiki; dan 5) makna perilaku pada pengelolaan sampah yaitu menggunakan, mengabaikan, dan menyesuaikan.

 

Kata Kunci: Implementasi, pilar green campus, pola dan makna perilaku.

 

 

ABSTRACT

MASLIKHAH. 2017. The Implementation of Green Campus in the State University of Semarang ( UNNES). Dissertation. Doctoral Degree program of Environmental Science, UNS Surakarta under the guided of Promotor Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd; Prof. Dr. H.Soetarno Joyoatmojo, M.Pd; dan Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.

 

The State University of Semarang (UNNES) is a university that applies environmental conservation. Student behavior, referring to the data from observation and interview marks a variety of caring and uncaring attitude towards five pilars green campus (5 PGC) such as a) green architecture and environmentally insight, b) biodiversity, c) energy efficiency, d) socialization of conservation, and e) wastes management are. The problem focused in this research is how GC is being implementation result through 5 PGC?. The problem focused which is finally broken-down into questions of how the pattern and its interpretation of UNNES students behavior on 5 PGC) consisting of 5 PGC. The objective of this research for implementation GC analysis through 5 PGC. Ethnography methods to understand phenomena experienced by the students in the form of 5PGC behavior in particular context naturally. The research sampling makes use of non-probability sampling method with purposeful sampling technique through snowball sampling at which begins on students as ambassador conservation, green community, regiment of student, Scout, nature friendly community, and student boarding house. Technique for collecting data uses triangulation of methods. Methods triangulation was delivered through questionnaire, observation, and interview designed in line with Spradley model using descriptive, structural, and contrastive questions. Data validation was confirmed through checking with the degree of credibility, transferability, dependability, dan confirmability. The research results show pattern of behavior students UNNES in implementing 5 PGC in a) the pettern of architecture green and transportation and environmentally insight namely social awareness, sustainability, having orientation duty, fighting, and uniqueness, b) the pettern of biodiversity namely social awareness, sustainability, having orientation duty, fighting, uniqueness, c) the pettern of energy consumption namely social awareness, sustainable, having orientation duty, and uniqueness; d) the pettern of socialization conservation namely social awareness, sustainable, having orientation duty, having orientation duty, fighting, and uniqueness; d) the pettern of waste management namely social awareness, sustainable, having orientation duty, and uniqueness. 1) student behavior interpretation of architecture green and transportation and environmentally i.e., using, neclecting, adjusting, destroying, protecting, and restoring environment; 2) student behavior interpretation of biodiversity i.e., using, neclecting, adjusting, destroying, protecting, and restoring environment; 3) student behavior interpretation of energy consumption i.e., using, neclecting, adjusting, and protecting; 4) student behavior interpretation of  socialization conservation i.e., using, neclecting, adjusting,  protecting, and restoring environment; 5) student behavior interpretation of waste management i.e., using, neclecting, and adjusting.

 

Keywords: implementation, pillars of green campus, pattern and interpretation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *