Pemberdayaan Masyarakat Oleh Perusahaan/CSR

Sejalan dengan upaya menerapkan konsep Good Corporate Gavernance (GCG), tanggung-jawab sosial perusahaan (CSR) harus dapat dilakukan secara tepat agar memberikan dampak yang optimal bagi perusahaan dan masyarakat yang menjadi khalayak sasaran. Dalam perspektif penyuluhan, agar Program CSR dapat memberikan manfaat yang optimal secara berkelanjutan perlu memberdayakan masyarakat.

Minat Pemberdayaan Masyarakat oleh Perusahaan (CSR) ini mendalami berbagai praktik-praktik CSR yang ada, serta mengkaji praktik terbaik (lesson learned) untuk dirumuskan dalam model pemberdayaan dalam CSR yang tepat sasaran. Sinergisitas antar stakeholder dalam implementasi CSR menjadi kajian yang utama, di samping studi tentang komunitas/khalayak sasaran (persepsi, sikap, partisipasi, kemandirian, dll.), peran kepemimpinan lokal dan stakeholder, kebijakan perusahaan dan strategi CSR, serta kebijakan pemerintah.