| FULL PROCEEDING OF ICCUSASS 2021 |
i-241 |
| |
|
| PENDAHULUAN |
i-vi |
| |
|
| THE EXISTENCE OF BARUDAK KAULINAN CULTURE AS A SUNDANESE CULTURAL IDENTITY IN THE MIDDLE OF TODAY’S CULTURE |
1-7 |
| Adi Nurhadi, Siti Gomo Attas, Novi Anoergejekti |
|
| SERAT WICARA KERAS AND SOCIAL POLITICAL BACKGROUND |
8-15 |
| Aloysius Indratmo, Prasetyo Adi Wisnu Wibowo |
|
| LOCAL WISDOM VALUES OF LIMAS HOUSE FOR CIVILIZATION IN PALEMBANG CITY, SOUTH SUMATERA: REPRESENTATION IN PRESENT TIME |
16-20 |
| Andriamella Elfarissyah |
|
| LITERACY ON ANCIENT MANUSCRIPTS AS PART OF THE SHAPING OF THE NATION’S CULTURE |
21-28 |
| Asep Yudha Wirajaya |
|
| VARIASI BAHASA SUNDA DIALEK PAREAN DI KECAMATAN KANDANGHAUR KABUPATEN INDRAMAYU – INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIODIALEKTOLOGI |
29-38 |
| Bagus Andryana Kusuma, Wakit Abdullah Rais, Prasetya Adi Wisnu Wibowo |
|
| THE EXISTENCE OF UMBUL DANCE AS A KARUHUN CULTURAL ART FROM SUMEDANG REGENCY |
39-44 |
| Epik Finilih*, Novi Anoegrajekti, and Siti Gomo Attas |
|
| GAMBANG KROMONG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BETAWI DALAM MENGURANGI KETERGANTUNGAN GADGET PADA KALANGAN REMAJA DI SANGGAR YAYASAN SETIA MUDA |
45-49 |
| Fahreza Prakasa, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| THE SONDOK PIYOGO DANCE IN KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM A SEMIOTIC AND HERMENEUTIC REVIEW |
50-59 |
| Indah Windra Dwie Agustiani, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MASYARAKAT MELALUI KIRAB BUDAYA ANCAK AGUNG DI KABUPATEN SITUBONDO |
60-62 |
| Meri Septi Putri Dani*, Novi Anoegrajekti and Siti Gomo Attas |
|
| PERANCANGAN SOCIAL CAMPAIGN BRANTAS MICROPLASTIC |
63-75 |
| Moh Cholisatur Rizaq*, Muhammad Nur Cholis |
|
| TRADISI PALANG PINTU : UJIAN CINTA CALON MEMPELAI PRIA BETAWI DALAM FILM PALANG PINTU KARYA QAUSAR HARTA YUDANA |
76-81 |
| Nadia Karima, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| KAJIAN MAKNA: ROTI BUAYA SEBAGAI SIMBOL SESERAHAN PERNIKAHAN ADAT BETAWI |
82-88 |
| Nia Septiany, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| EKSISTENSI TEDHAK SITEN: UPACARA TURUN TANAH PERTAMA BAGI BAYI |
89-93 |
| Novia Chyntia Dewi*, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| PANTUN SEBAGAI TINDAK TUTUR DALAM PERSPEKTIF STEREOTIP GENDER |
94-99 |
| Nurhasanah Halim*, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| PEMPEK PALEMBANG: THE IDENTITY OF PALEMBANG’S CULTURAL REPRESENTATION |
100-104 |
| Oktariyani |
|
| EKSISTENSI SENI HADRAH ISHARI SEBAGAI SENI BERNUANSA ISLAM KHAS PASURUAN |
105-111 |
| Pradicta Nurhuda, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| UPGRADERS AND DOWNGRADERS STRATEGIES IN SATGAS COVID-19 TALK SHOW |
112-118 |
| Purbo Kusumastuti*, Djatmika and Miftah Nugroho |
|
| THE ROLE OF BAMBOO WOVEN CRAFTSWOMEN ON NATURE CONSERVATION PERAN PEREMPUAN PENGRAJIN ANYAMAN BAMBU DALAM KONSERVASI ALAM |
119-131 |
| Ratna Kumalasari*, Sri Kusumo Habsari and Prasetyo Adi Wisnu Wibowo |
|
| TEMA DAN MOTIF SARUNG TENUN BUTON (BIA WOLIO) DI PULAU BUTON |
132-138 |
| Ratna Said*, Novi Anoegrajekti and Sitti Gomo Atas |
|
| EKSISTENSI KESENIAN TRADISI GAOK PADA MASA PANDEMI COVID-20 |
139-144 |
| Rezky Alviniyanti Yosawati, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| KESENIAN MUSIK DAMBUS SEBAGAI REPRESENTASI KEBUDAYAAN KHAS BANGKA BELITUNG |
145-148 |
| Saskia Noviyanti, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| MAKNA TRADISI BAKU PUKUL MANYAPU BAGI MASYARAKAT NEGERI MAMALA |
149-156 |
| Siti Syamsiah Renny Tounbama, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| SIMBOLISASI KETAHANAN MASYARAKAT MELALUI KEARIFAN LOKAL DALAM AJARAN WETU TELU DI LOMBOK UTARA |
157-167 |
| Sri Lestari, Indah Wahyuningsih |
|
| PEMAKNAAN TRADISI SARO-SARO DALAM PERNIKAHAN ADAT TERNATE |
168-174 |
| Sri Ubaydah Barmawi, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| WIDOWS’ STRATEGY IN FULFILLING LIFE NECESSITIES THROUGH CIVIC SKILLS MASTERY |
175-182 |
| Sukron Mazid, Atsani Wulansari and Atika Dinna Hastanti |
|
| MEDIA BARU DAN TEATER DI MASA PANDEMI |
183-188 |
| Wulan Pusposari, Novi Anoegrajekti, Sitti Gomo Attas |
|
| REPRESENTATION OF FEMINISM IN CAMPURSARI SONGS |
189-194 |
| Wulan Yulian Anggini and Novi Anoegrajekti |
|
| INTRODUCING RELIGIOUS RITUAL OF ISLAM “TAHLILAN” IN BANTEN SOCIETY MENGENAL TRADISI KEAGAAMAAN “TAHLILAN” MASYARAKAT BANTEN |
195-201 |
| Yuani Asilady, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| PROSES PERSIAPAN PEMENTASAN DARING LAKON PINANGAN |
202-210 |
| Zahra, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| URGENSI PEMASANGAN BANNER DAN PLAKAT SEBAGAI IDENTITAS UMKM TAHU DI DUKUH KRANGGAN ETAN, DESA WIROGUNAN, KECAMATAN KARTASURA, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH |
211-214 |
| Prasetyo Adi Wisnu Wibowo |
|
| SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI POJOK KIDUL, DESA BARAN, KECAMATAN NGUTER, SUKOHARJO |
215-220 |
| Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, Amalia Tiara Putri, Safira Nury Safitri |
|
| MOTIF BATIK BOGOR BERBASIS TRADISI BUDAYA SEBAGAI BAHAN TEKS FAKTUAL PEMBELAJARAN BAHASA |
221-228 |
| Rina Rosdiana, Novi Anougrajekti |
|
| RELEVANSI ETIKA JAWA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA KONTEMPORER |
229-235 |
| Mibtadin, Yovita Devi |
|
| EKSISTENSI SANGGAR MPOK MINEH DALAM UPAYA MELESTARIKAN PECAK SILAT SEBAGAI KEBUDAYAAN BETAWI |
236-241 |
| Lia Khairun Nisa, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas |
|
| LEARNING IN THE PANDEMIC ERA AT THE VOCATIONAL SCHOOL LEVEL ON ONLINE BUSINESS AND MARKETING COMPETENCY SKILLS |
242-247 |
| Lukman Affandi |
|