Visi dan Misi

Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret adalah sebagai berikut :

VISI

Program Studi Sosiologi menjadi salah satu pusat yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tingkat Magister di bidang Sosiologi pada tahun 2020

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang Pascasarjana dalam bidang Sosiologi dalam suasana akademik yang sehat dan demokratis, efektif dan efisien dan professional dalam waktu yang singkat.
  2. Mengembangkan konsentrasi pendidikan di bidang Sosiologi Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Sosiologi Pendidikan.
  3. Melakukan penelitian dan mengembangkan gagasan-gagasan baru untuk meningkatkan kualitas kajian terhadap fenomena kemasyarakatan.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan integritas dan komitmen institusi terhadap pengembangan masyarakat (community development/community organizing).

TUJUAN DAN SASARAN

Pendidikan Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, bertujuan agar lulusannya memiliki kompetensi lulusan sebagai berikut:

A. Kompetensi Utama

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, dalam bidang sosiologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang sosiologi, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang sosiologi dalam menyelesaikan masalah di  masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

B. Kompetensi Pendukung

Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multi disiplin.

C. Kompetensi Lainnya

  1. Mampu mengembangkan potensi secara mandiri dalam kearifan lokal ke tingkat nasional/internasional.
  2. Mampu mengembangkan jiwa wira usaha.