Pesona PRASASTI (Pragmatik: Sastra dan Linguistik)

backdrop (1) convert

Pada Kamis, tanggal 27 November 2014 bertempat di Aula Lantai 6 Gedung baru Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta telah terselenggara Seminar Nasional PRASASTI (Pragmatik: Sastra dan Linguistik), bertema Kajian Linguistika dan Puitika dalam Perspektif Pragmatik. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperbaharui dan memperluas pengetahuan dalam bidang linguistik dan sastra dari perspektif pragmatik. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pukul 15.00 berjalan dengan lancar. Ketiga pembicara utama yang mengisi materi dalam kegiatan tersebut disambut secara antusias oleh para peserta. Pembicara pertama adalah Prof. Dr. Rustono, M.Hum., dari Universitas Negeri Semarang memberikan materi dengan judul “Kuantar Kau ke Surga (Di Mata Kaum Pragmatik)”. Materi kedua dengan judul “Pragmatika Sastra: Beberapa Catatan Awal” disampaikan oleh Prof. Dr. Suminto A. Sayuti dari Unversitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Materi ketiga yang awalnya direncanakan akan disampaikan oleh Prof. Dr. Dendy Sugono dari Badan Bahasa Jakarta digantikan oleh Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D., Dekan Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret dengan judul “Metodologi Penelitian Linguistik/ Pragmatik”.

Kegiatan Seminar Nasional tersebut juga dihadiri oleh 173 peserta termasuk 49 penulis makalah (dari 45 judul makalah yang lolos prosiding). Tentu kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Panitia penyelenggara mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan demi terselenggaranya acara ini. Pesona Prasasti sudah terasa sejak awal pendaftaran. Penulis makalah mengirimkan makalahnya untuk diikutsertakan dalam proses seleksi prosiding. Hingga terjaringlah 45 judul makalah yang lolos untuk dicetak prosiding. Hingga bertepatan dengan hari terselenggaranya seminar nasional Prasasti, peserta seminar terus bertambah. Acara seminar diselingi dengan beberapa kejutan dari panitia. Musikaliasi puisi dari bintang tamu disambut meriah oleh para peserta yang hadir juga oleh para pembicara utama.

 

Harapan panitia penyelenggara setelah terselenggaranya kegiatan ini adalah akan ada kegiatan serupa yaitu PRASASTI 2 yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Salam Prasasti,

Panitia.

 

Seminar Prasasti I

 

compres_DSC6492