KERJA SAMA

SEKOLAH PASCASARJANA UNS PERKUAT KERJASAMA DENGAN KEMENTERIAN BUMN

Dr. Sapja Anantanyu, M.Si. Kepala Program Studi Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat dan Edi Eko Cahyono, Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN bertukar cinderamata seusai diskusi (24/10)

Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret melalui Laboratorium Sosial Terpadu melakukan kunjungan kerja ke Kementerian BUMN pada Senin, 24 Oktober 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari penguatan kerjasama antara UNS dengan Kementerian BUMN terutama di bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di lingkungan Kementerian BUMN.

Forum diskusi tersebut dipimpin oleh Edi Eko Cahyono, Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN dan Dr. Sapja Anantanyu, M.Si., Kepala Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNS. Pada diskusi tersebut, baik Kementerian BUMN dan UNS berkomitmen untuk memperkuat kerjasama terutama di bidang pengkajian dan evaluasi program TJSL di perusahaan BUMN se-Indonesia.

Dr. Sapja juga yang menyampaikan komitmen UNS sebagai pusat unggulan IPTEK dalam bidang pengkajian dan penyelenggaraan Pendidikan terkait pemberdayaan masyarakat yang sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan tata kelola dalam penyelenggaraan program tanggung jawab sosial dan lingkungan di seluruh perusahaan plat merah yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN. Hal ini dibuktikan melalui penyelenggaraan Pendidikan di level magister dan doktoral khususnya minat CSR (Corporate Social Responsibility) dan telah melahirkan beragam model pemberdayaan masyarakat dalam skema TJSL perusahaan.

Kementerian BUMN melalui Edi yang menerima kunjungan tersebut menyatakan apresiasi dan dukungannya terhadap UNS untuk menjadi bagian dalam grand design tata kelola TJSL di Indonesia. Lebih lanjut, Edi menyatakan bahwa pemerintah dan universitas harus bersinergi untuk melahirkan kebijakan dan best practices dalam tata kelola TSJL agar dampak dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dapat semakin bai

Ketua Laboratorium Sosial Terpadu UNS, Haryani Saptaningtyas, Ph.D. menyatakan bahwa UNS memiliki komitmen yang tinggi dalam pengkajian model TJSL melalui keberadaan Laboratorium Sosial Terpadu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak dosen, peneliti dan mahasiswa pascasarjana untuk ikut serta dalam kunjugan untuk memperkaya wacana dan pengalaman terkait tata kelola TJSL di Kementerian BUMN.