Pelaksanaan Seminar Internasional PRASASTI III 2016

Kegiatan Seminar PRASASTI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi S3 Linguistik Program Pascasarjana UNS. Seminar Internasional PRASASTI III tahun 2016 ini dilaksanakan di Hotel Syariah Solo selama dua hari, yaitu tanggal 2-3 Agustus 2016. Pada hari pertama, Selasa, 2 Agustus 2016, acara dimulai dengan pembukaan (opening ceremony) pada pukul 08.30-09.00 WIB oleh Ketua Panitia, Prof. Dr. Djatmika, M.A. Jumlah pemakalah pada Seminar Internasional PRASASTI III sebanyak 204 orang dengan rincian abstrak yang masuk sebanyak 190 abstrak, abstrak diterima sebanyak 170 abstrak. Dari 170 abstrak, 20 peserta seminar tidak melakukan pengiriman fullpaper dan konfirmasi keiikutsertaan seminar. Seminar Internasional PRASASTI III kali ini diikuti oleh pemakalah dan peserta dari dalam dan luar negeri, diantaranya terdapat pemakalah dan peserta yang berasal dari Malaysia sebanyak 2 orang, dari Korea 1 orang, dari Amerika 1 orang, dan selebihnya peserta lokal berasal dari Indonesia. Pemakalah dan peserta yang berasal dari Indonesia pun juga beragam, misalnya dari Kalimantan, Nusa Tenggara, Jambi, Lampung, Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dll.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat datang kepada para peserta Seminar Internasional PRASASTI III. Beliau juga mengapresiasi Prodi S3 Linguistik UNS yang telah secara konsisten mengangkat acara ini setiap tahunnya. Beliau juga berpesan agar acara ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam hal membuka wacana dan jaringan internasional.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh para Keynote Speaker (Pembicara Kunci) pada pleno pertama yang dipandu oleh Sdr. Hendi Pratama, M.A., mahasiswa S3 Linguistik UNS, yaitu:

  1. Foong Ha Yap, dari The Hong Kong Polytechnic University (Hong Kong) dengan pemaparan makalah yang berjudul “Face-Giving (Bagi Muka) and Face-Protecting (Jaga Muka) through Metaphors: Analysis of Verbal Indirectness Strategies and Politeness in Political Discourse.”
  2. Mohamed Zain Sulaiman, Ph.D. dari Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia) dengan pemaparan makalah mengenai kajian penerjemahan yang berjudul “’Pedal to Paradise?’ the Anglo-Malys Encounter in Tourism Translation.”
  3. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D. dari Universitas Sebelas Maret (Indonesia) dengan pemaparan makalah berjudul “Critical Discourse Analysis (CDA): Systemic Functional Linguistics (SFL)”.

Acara selanjutnya adalah sidang paralel I, II, dan III dengan 5 sampai 6 pemakalah per ruangnya. Di sela-sela sidang paralel II dan III, peserta dan pemakalah diberi waktu sejenak untuk menikmati coffee break yang telah disediakan oleh panitia. Seminar Internasional PRASASTI III pada hari pertama berakhir pukul 17.10 WIB. Selanjutnya, pemakalah dan peserta disajikan hidangan makan malam pada pukul 19.00 WIB sembari melakukan diskusi dengan pemakalah dan peserta lainnya.

Pada hari kedua, Seminar Internasional PRASASTI III dimulai dengan registrasi para pemakalah dan peserta pada pukul 07.30 WIB. Selanjutnya, Presentasi pleno II dengan menghadirkan 3 pemakalah kunci (Keynote Speaker) yang dipandu oleh dosen Pascasarjana UNS, Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D., yaitu:

  1. Prof. Fazal Mohamed Mohamed Sultan, Ph.D. dari Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia) dengan pemaparan makalah mengenai kajian linguistik deskritif berjudul “Pronoun in the Mind of the Mendriqs”.
  2. Dr. Sumarlam, M.S. dari Universitas Sebelas Maret (Indonesia) dengan pemaparan makalah mengenai aplikasi analisis wacana kritis pada teks Kesultanan Yogyakarta yang berjudul “Representasi Kekuasaan melalui Sabda Raja pada Teks Berita mengenai Konflik Internal Keraton Yogyakarta (Sebuah Analisis Wacana Kritis)”.
  3. Pardi, M.Hum. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah dengan pemaparan berjudul “Bahasa-Sastra sebagai Representasi Pemikiran-Kekuasaan.”

Usai sidang pleno II, acara dilanjutkan dengan sidang paralel IV dan V dengan 6 kelas paralel. Seperti hari pertama, tiap ruang diisi oleh 5 sampai 6 pemakalah. Kegiatan sidang paralel pada hari kedua berakhir pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, acara ditutup dengan closing ceremony (penutupan) oleh Kepala Prodi S3 Linguistik juga selaku Ketua Panitia Seminar Internasional PRASASTI III, Prof. Dr. Djatmika, M.A. yang menyampaikan rekomendasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran juga antusiasme para pemakalah dan peserta. Tidak lupa, Prof. Dr. Djatmika, M.A. juga mengundang kembali para pemakalah dan peserta Seminar Internasional PRASASTI III untuk hadir pada PRASASTI IV tahun 2017 mendatang.

Kegiatan PRASASTI IV pada tahun 2017 akan diumumkan melalui website ini dan atau seminarprasasti.uns.ac.id dan atau melalui pemberitahuan via email (seminarprasasti@gmail.com)