INTERNATIONAL SEMINAR PRASASTI 2018 (RELEASE)

Pelaksanaan kegiatan Seminar Internasional PRASASTI IV Program Studi S3 Linguistik Pascasarjana UNS tahun 2018 sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan. Seminar Internasional Prasasti dihadiri oleh 90 peserta dan pemakalah yang artikelnya lolos dalam prosiding dan terindeks Thomson Reuter. Acara seminar diselingi dengan beberapa kemeriahan diantaranya yaitu hiburan oleh grup musik De Java Orchestra dan pembagian doorprize oleh panitia. Peserta Seminar Internasional Prasasti IV berasal dari berbagai provinsi di Indonesia juga dari luar negeri.

Bulan Agustus tentu menjadi hari yang menjadi yang ditunggu-tunggu oleh warga Indonesia, tiada lain dan bukan karena bulan Agustus yang biasanya diperingati sebagai bulan Kemerdekaan Indonesia, yakni 17 Agustus 2018. Begitu pula dengan Seminar Prasasti yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para Linguis, Dosen, Peneliti hingga Mahasiswa untuk  datang ke acara Seminar Internasional Prasasti baik sebagai pembicara maupun sebagai peserta seminar.

Seminar Internasional PRASASTI yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh Program Studi Pascasarjana S3 Linguistik yang kini telah menginjak usia ke empat, dan tentu saja dengan semangat baru dan kontribusi dalam dunia ilmu pengetahuan di bidang Linguisik.

Acara yang digelar pada, Rabu hingga Kamis (1-2/07/2018) tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 orang tersebut bertempat di Hotel LOR-IN Syariah, Surakarta. Menurut laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Seminar Internasional Prasasti, Prof. Dr. Djatmika, M.A saat acara tersebut disampaikan bahwa jumlah peserta yang mengirim Call Paper sangat banyak sekali.

“Pengirim naskah untuk Call Paper ditotal ada 150, dan jumlah peserta yang hadir pada kegiatan berlangsung ada 110 orang,” ujar Prof. Dr. Djatmika, M.A., saat memberikan laporannya di hadapan para peserta dan tamu undangan.

Lebih lanjut, senada dengan Prof. Dr. Djatmika, M.A., yang memberikan informasi total jumlah peserta yang sangat banyak. Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Vita Ratri Cahyani, MP, juga menyampaikan hal yang sama terkait banyaknya jumlah peserta saat membuka secara simbolis kegiatan tersebut.

Prof Vita yang juga selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan & Alumni di Universitas Sebelas Maret (UNS), menyampaikan apresiasinya atas partisipasi peserta yang datang dari berbagai negara dan juga dari Indonesia untuk dapat hadir ke Solo mengikuti rangkaian seminar internasional Prasasti.

“Sungguh luar biasa kita ucapkan, peserta yang hadir tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari Taiwan, Malaysia, Australia, Inggris,” ucap Prof Vita saat menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan.

Lebih lanjut, Prof Vita juga mengucapkan selamat berseminar ria dan memberi semangat untuk para peserta dalam mengikuti kegiatan hingga akhir dan berharap semoga seminar tersebut berjalan lancar. “Selamat mengikuti seminar, mudah-mudahan segalanya dilancarkan hingga akhir,” tambahnya.

Sidang paralel dibagi menjadi 5 sesi dalam dua hari kegiatan tersebut. Kemudian, untuk sidang pleno dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan pembicara (keynote speaker) yaitu: Mohammad Zain Sulaiman, Ph.D dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan editor pada GEMA, Prof. Hywel Coleman dari University of Leeds, UK, Prof. Dr. Nadra, M.S dari Universitas Andalas, Assoc. Prof.David Reeve dari UNSW, Australia, Dr. Tri Wiratno, MA & Dra. Diah Kristina, MA., Ph.D dari UNS, Indonesia, dan Dr. Ely Triasih Rahayu, S.S., M.Hum dari Universitas Jendral Sudirman, Indonesia.

Tidak hanya dijamu dengan kajian ilmiah saja, dalam agenda kegiatan Prasasti juga diadakan City Tour yang mana salah satu tujuan dari destinasinya adalah menonton Wayang Orang atau lebih dikenal dengan Wayang Wong. Wayang Wong tersebut digelar di salah satu tempat hiburan rakyat Solo, yaitu di Gedung Pementasan Wayang Orang di Lingkungan Sriwedari, Solo. Yang menarik adalah adanya event di mana dua dari peserta diikut sertakan dalam bermain peran bersama Punawakan saat Goro-Goro. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Panitia penyelenggara mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan demi terlaksananya Seminar Internasional PRASASTI IV ini.