Bidang Keminatan :
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi PPs UNS ini mempunyai tiga minat utama (konsentrasi), yaitu: (1) Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi; (2) Manajemen Komunikasi (Reguler); dan (3) Manajemen Komunikasi (Program Beasiswa Kementerian Kominfo). Gelar akademik yang diberikan adalah Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom).
1. Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi
Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini meliputi kemampuan penelitian yaitu dasar-dasar teori dan metodologi komunikasi serta perkembangannya di bidang komunikasi sosial budaya, komunikasi politik, jurnalistik dan komunikasi pembangunan. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kompetensi dalam melakukan pengembangan teori dan penelitian ilmu komunikasi dengan pendekatan multi perspektif.
2. Manajemen Komunikasi
Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini yaitu kemampuan manajerial dalam organisasi bidang komunikasi. Kemampuan manajerial meliputi analisis organisasi dan menyusun strategi (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam program komunikasi pemasaran dan komunikasi organisasi. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kemampuan dan sikap profesional yang dibutuhkan dalam industri bisnis media atau perusahaan lainnya.
3. Manajemen Komunikasi (Beasiswa Kominfo)
Melalui program ini, Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kapasitas PNS dari seluruh Indonesia di bidang komunikasi, khususnya Government Public Relations.
Kurikulum
Untuk dapat menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi PPs UNS, mahasiswa harus menempuh mata kuliah dengan beban studi total 42 SKS. Pendidikan diselesaikan dalam jangka waktu 4 (empat) semester atau selama-lamanya 8 (delapan) semester. Susunan mata kuliah yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
Minat Utama: Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi
1. | Perspektif dan Teori Komunikasi | 3 SKS |
2. | Teori-teori Komunikasi Massa | 3 SKS |
3. | Filsafat Ilmu | 3 SKS |
4. | Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif | 3 SKS |
5. | Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif | 3 SKS |
6. | Komunikasi Sosial Budaya | 3 SKS |
7. | Komunikasi dan Perubahan Sosial | 3 SKS |
8. | Perencanaan dan Kebijakan Komunikasi | 3 SKS |
9. | Hukum dan Etika Komunikasi | 3 SKS |
10. | Komunikasi Politik 3 SKS | 3 SKS |
11. | Comprehensive Reading Course | 3 SKS |
12. | Seminar Publikasi Internasional | 3 SKS |
13. | Tesis | 6 SKS |
Minat Utama: Manajemen Komunikasi (Reguler)
1. | Perspektif dan Teori Komunikasi | 3 SKS |
2. | Teori Organisasi dan Manajemen | 3 SKS |
3. | Manajemen Humas | 3 SKS |
4. | Komunikasi Bisnis | 3 SKS |
5. | Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif | 3 SKS |
6. | Manajemen Komunikasi Promosi dan Pemasaran | 3 SKS |
7. | Manajemen Periklanan | 3 SKS |
8. | Manajemen Program Komunikasi | 3 SKS |
9. | Analisis Perilaku Konsumen | 3 SKS |
10. | Statistik Komunikasi Terapan | 3 SKS |
11. | Comprehensive Reading Course | 3 SKS |
12. | Seminar Publikasi Internasional | 3 SKS |
13. | Tesis | 6 SKS |
Minat Utama: Manajemen Komunikasi (Beasiswa Kemenkominfo)
1. | Perspektif dan Teori Komunikasi | 3 SKS |
2. | Teori Organisasi dan Manajemen | 3 SKS |
3. | Manajemen Humas | 3 SKS |
4. | Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif | 3 SKS |
5. | Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif | 3 SKS |
6. | Komunikasi dan Perubahan Sosial | 3 SKS |
7. | Perencanaan dan Kebijakan Komunikasi | 3 SKS |
8. | Hukum dan Etika Komunikasi | 3 SKS |
9. | Analisis Perilaku Konsumen | 3 SKS |
10. | Statistik Komunikasi Terapan | 3 SKS |
11. | Comprehensive Reading Course | 3 SKS |
12. | Seminar Publikasi Internasional | 3 SKS |
13. | Tesis | 6 SKS |