EVALUASI PROGRAM PELATIHAN TENAGA BANTU PENYULUH PERTANIAN (Studi Penelitian Evaluatif dengan Model Evaluasi CIPP Di Kabupaten Bantul)

Gunawan Yulianto

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pelatihan pembekalan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian, yang meliputi : relevansi program pelatihan dengan kebutuhan peserta, ketersediaan sarana prasarana, karakteristik peserta dan pelatih, kualitas pelaksanaan program, manfaat program serta keterampilan peserta melaksanakan penyuluhan di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) dari Stufflebeam. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program pelatihan pembekalan relevan dengan kebutuhan peserta, Analisis Kebutuhan Latihan perlu dilakukan lebih cermat, Materi
pelatihan termasuk kategori sangat relevan dengan kebutuhan peserta (45,4%); 2) Katagori sarana pelatihan baik (45,5%), Pengelolaan program dalam katagori baik (54,5%); 3) Karakteristik pendidikan peserta 77,27% berpendidikan SMK, Kemampuan fasilitator perlu ditingkatkan dalam hal Icepelatihan/memotivasi peserta; 4) Kualitas pelaksanaan program termasuk katagori baik (45,5%); 5) Manfaat program pelatihan pembekalan bagi peserta termasuk katagori baik (45,4%); 6) Keterampilan THL TBPP melakukan penyuluhan di lapangan dinilai oleh Pengurus Kelompok Tani maupun Pimpinan BPP dalam katagori baik (45,5%), pada aspek pengetahuan teknis pertanian dan pembuatan media penyuluhan perlu ditingkatkan.

Kata kunci : Evaluasi program, Pelatihan

Download File disini