Epi-SMart: Media Pembelajaran Model E-Learning di Masa Pandemi

Di tengah masa pandemi, Universitas Sebelas Maret berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam bidang digital. Tim peneliti FK UNS dan Tim HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) oleh Erasmus+ mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi yang disebut dengan Epi-SMart. Project Digital Transformation of the Epidemiology Module for Clinical Education of Sebelas Maret (Epi-Smart) ini didanai oleh The Institute of Tropical Medicine. Aplikasi ini diharapkan tidak hanya dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa. Aplikasi Epi-SMart dapat diunduh dengan menggunakan smartphone berbasis andoid, dilengkapi fitur-fitur khusus di bidang epidemiologi, seperti materi yang dapat langsung terhubung dengan video edukasi, kalkulator epidemiologi, scenario based study serta soal-soal dan pembahasan.

Tampilan aplikasi Epi-SMart dibuat secara unik sehingga menarik minat pengguna untuk menjalankan proses pembelajaran dengan kesan lebih menyenangkan. Proses instalasi dan pendaftarannya pun cukup mudah, hanya membutuhkan alamat email dan nomor HP. Terdapat pilihan 2 bahasa dalam aplikasi ini yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Konten yang disajikan cukup lengkap untuk menunjang proses pembelajaran. Materi terkait epidemiologi dilengkapi dengan video untuk memudahkan proses pemahaman materi. Latihan soal yang disajikan sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) sehingga dapat melatih mahasiswa untuk menghadapi uji kompetensi. Pembahasan soal disusun secara menarik agar lebih mudah untuk dipahami.

  

Aplikasi ini sudah diuji coba kepada dokter muda stase Ilmu Kesehatan Masyarakat dan stase Integrasi. Dokter muda diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan evaluasi demi pengembangan aplikasi menjadi lebih baik. Dokter muda merasa cukup puas dengan aplikasi Epi-SMart sebagai media pembelajaran Epidemiologi.