Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Penyuluhan Pembangunan a.n Soeprapto

Nama : Soeprapto

Instansi : Universitas Gadjah Mada

Disertasi : Pemberdayaan Masyarakat Menurunkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Melalui Program “CSR” Anti Kekerasan Lembaga Media.

Promovendus mengatakan bahwa masyarakat itu semula menganggap tindakan-tindakan yang sebetulnya tindakan kekerasaan dianggap bukan merupakan tindakan kekerasan sepanjang tidak meninggalkan bekas. Padahal sebetulnya tindakan kekerasan itu bisa verbal, non verbal dan fisik. Tetapi mereka merasa itu bukan kekerasan, dan baru mereka menyadari setelah ada sosialisasi CSR anti kekerasan oleh lembaga media. Ada 2 lembaga yang di teliti yaitu media Rakosa Female Radio dan Jogja TV. 2 lembaga ini mempunyai program anti kekerasan melalui siaran-siaranya.

Di dalam menyampaikan penyiaran mereka tidak hanya memberi tau tapi bersifat persuasi mengajak masyarakat dan kemudian masyarakat bisa merespon dan bahkan ada yg meminta untuk diskusi, 2 lembaga ini memfasilitasi bahkan mengundang stakeholder untuk berdiskusi.

Harapan promovendus dengan penelitian akan lebih banyak mensosialisasikan model pembelajaran yang di rumuskan ke Pemerintah DIY maupun Kabupaten Kota, Lembaga media, dan Pengabdian ke pada masyarakat dengan betul – betul meminimalkan atau meniadakan kekerasan pd rumah tangga. Promovendus berencana akan menulis berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat mengantisipasi kekerasan.

Promotor : Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.S

Co-Promotor 1 : Prof. Dr. RB. Soemanto, MA

Co-Promotor 2 : Dr. Suminah., M.Si

 

Kami sampaikan bahwa Promovendus Soeprapto adalah Doktor ke 906 yang diluluskan Universitas Sebelas Maret dan Doktor ke 100 dari Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat.

Video bisa disaksikan melalui tautan ini.