Pada hari selasa tanggal 28 Februari 2023 telah di laksanakan Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Kajian Budaya sdr. Putut Suharso secara daring.

Nama                    : Putut Suharso

Instansi                : Universitas Diponegoro

Disertasi               : Negosiasi Masyarakata Terhadap Peraturan Perpustakaan Desa di Kabupaten Semarang.

Harapan dari setelah selesai penelitian ini, penulis berharap tingkat kepedulian pemerintah terhadap perpustakaan desa semakin meningkat. Dengan melihat peran penting perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat, kehadiran lembaga-lembaga yang memiliki kepedulian dalam dunia pendidikan sangat dinantikan oleh pegiat literasi di pedesaan ini.

Dalam penelitian ini memiliki keunikan dalam menjabarkan adanya konsep keberdayaan masyarakat yang distimulan oleh kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Ada fenomena negosiasi masyarakat yang berbentuk kreativitas dan kemandirian yang dipicu oleh peraturan dan kebijakan pemerintah yang tidak mudah dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat. Sepertinya amanat dalam UU No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan Standar Nasional Perpustakaan Desa yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional dalam menjalankan perpustakaan desa. Pengelolaan perpustakaan desa saat ini memunculkan kebutuhan baru yang dianggap relevan oleh masyarakat. Adanya kebutuhan informasi di masyarakat memunculkan hastrat untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam pendirian perpustakaan desa di Kabupaten Semarang. Penggunaan istilah dalam perpustakaan desa yang dipakai di masyarakat juga bermacam-macam, dari pojok baca, taman baca, taman pintar, taman bacaan masyarakat dll. Kreativitasi dan inovasi layanan yang diberikan juga tidak hanya peminjaman buku semata, ada banyak program pelatihan kewirausahaan dan kelas literasi. Hal ini tentu menjadi menarik bila melihat perpustakaan sebagai ruang publik, pengelola perpustakaan memunculkan ide, kreativitas dan kemandirian dalam pengelolaan perpustakaan desa sebagai tempat publik untuk belajar bagi masyarakat yang relevan dengan perubahan zaman. Kehadiran pemerintah dalam suatu kebijakan maupun peraturan perpustakaan desa saat ini masih perlu disertai dengan banyak tindakan langsung seperti berupa penyediaan bantuan jumlah koleksi, sarana prasana, dan kehadiran teknologi informasi di perpustakaan desa.

Promotor            : Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum

Co-Promotor 1 : Prof. Sahid Teguh Widodo, m.Hum, Ph.D

Co-Promotor 2 : Dra. SK. Habsari, M.Hum, Ph.D

Kami sampaikan bahwa Promovendus Putut Suharso adalah Doktor ke 930 yang diluluskan Universitas Sebelas Maret dan Doktor ke 28 dari Program Studi S3 Kajian Budaya.