UNS – Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akademik Mahasiswa Baru 2023/2024 Periode 2 Semester Februari – Juli 2023/2024 pada hari Rabu (28/02/2024) bertempat di ruang Aula lantai 6 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Sosialisasi dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Acara dibuka oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Drs. Sutarno M.Sc., Ph.D dan dihadiri jajaran pimpinan dekanat juga Bapak/Ibu Kepala Program Studi di lingkungan Sekolah Pascasarjana.

Dalam sambutannya Prof. Drs. Sutarno, M.Sc.,P.h.D menyampaikan “Selamat datang untuk mahasiswa baru di Sekolah Pascasarjana UNS. Mahasiswa diharapkan lulus tepat waktu bukan lulus di waktu yang tepat , dengan target S2 selesai 2 tahun dan untuk S3 lulus 3 tahun-3,5 tahun saja”. Beliau berpesan untuk mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik, terutama mengenali khususnya secara akademik yang nanti akan terkait dengan Administrasi Akademik, karena ada tahapan- tahapan yang akan di lalui.

Di lanjutkan seremonial penyerahan mahasiswa baru kepada Program Studi, kegiatan ini dihadiri 63 mahasiswa baru angkatan 2023 Periode II. Sekolah Pscasarjana terdapat 6 program studi yaitu S2 dan S3 Ilmu Lingkungan, S2 dan S3 Penyuluhan Pembangunan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dan S2 Ilmu Gizi.

Melalui kegiatan ini materi utama Sosialisasi Kebijakan Akademik disampaikan oleh Prof. Dr.sc.agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan. Selain materi utama, kegiatan ini juga menghadirkan Alumni dari Sekolah Pascasarjana di Sharing Session dengan Alumni Sekolah Pascasarjana dengan tema“ Strategi Lulus Tepat Waktu dengan Capaian Akademik yang Berkualitas” Sub Tema : Penting Rencan Studi yang Efektif dalam Mencapai Capaian Akademik Optimal dengan Narasumber Dr. Rizal Akbar Aldyan, S.S., M.Sos alumni Program Studi Ilmu Lingkungan dan Dr. Akhmad Azmiardi, S.K.M alumni Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan di pandu oleh Anggun Fitri Handayani S.Keb., M.KM Alumni Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat selaku moderator.

Dengan diadakan kegiatan sosialisasi ini di harapkan menambah wawasan tahapan yang akan di lalui oleh mahasiswa baru, dan pastinya akan menambah semangat untuk mahasiswa.