Sekolah Pascasarjana – Program Studi S2 & S3 Penyuluh Pembangunan (PP) Sekolah Pascasarjana UNS menggelar acara Halal Bi Halal pada Jumat 3/5/2024, bertajuk Jadikan Semangat Hari Raya untuk Terus Berkarya. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di UNS Tower tersebut turut hadir Dr. Suraji, S.H., M.Hum selaku Wakil Dekan II Sekolah Pascasarjana UNS; Ketua Program Studi S2 PP, Dr. Ir. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P.,M.Si; Ketua Program Studi S3 PP, Dr. Sapja Anantanyu., M.Si. dan segenap guru besar dan staf pengajar Program Studi PP.

Acara di pandu oleh MC Nining Sulistyawati (Mahasiswa S3 PP) dan Oliviatruly (Mahasiswa S2 PP). Setelah pembukaan kemudian acara dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran yang disampaikan oleh Muhammad Nu’aim Al-Ghifari(Mahasiswa S1 Peternakan).

Acara ketiga adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua panitia, Abdul Malik, M. Pd. yang menyampaikan laporan terlaksananya kegiatan ini. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Program Studi S3 PP, Dr. Sapja Anantanyu., M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih atas berbagai bantuan yaang diberikan oleh panitia dan berbagai pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara ini. Harapannya, kegiatan ini akan selalu rutin dijalankan kedepannya. Terima kasih juga kepada alumni dan mahasiswa yang telah hadir, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjaga silaturahmi dan memberikan motivasi untuk segera menyelesaikan studinya. Sambutan ketiga disampaikan oleh Wakil Dekan II SPS UNS, bahwa kegiatan halal bi halal merupakan sebuah acara yang jelas dasar dan tuntunan agamanya serta memiliki ragam manfaat.

Selanjutnya, acara inti yaitu tausiyah akademik dan motivasi disampaikan oleh Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Dalam tausiyah akademiknya, beliau mengawali dengan kutipan kata dari Robert Kiyosaki yang menyatakan bahwa setiap orang yang lahir punya kegeniusan sesuai dengan kemampuannya. Maka setiap orang harus dapat mendorong dirinya untuk dapat menemukan kegeniusan tersebut dan kegeniusan seseorang dapat diukur dari kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa halal bihalal dapat dikatakan sebagai sebuah modal sosial yang harus dijaga dan dioptimalkan. HALAL BI HALAL bisa menjadi komponen yang menggerakkankebersamaan, mobilitas ide, tumbuh saling percaya dan saling dapat menguntungkan (untuk mencapai kemajuan/ sukses studi S2-S3). Terakhir beliau menutup dengan pernyataan Kita Akan Menjadi Seperti Apa Yang Kita Pikirkan.

Acara selanjutnya adalah pembagian doorprize dan testimoni dari alumni yang di sampaikan oleh Dr. Djoko Putro Utomo (Pegawai Dinas Perhubungan Kab. Pacitan) Dalam testimoninya disampaikan bahwa selama proses belajar di Program Studi S3 PP dapat memberikan banyak pembelajaran dan sudut pandang baru dalam menjalankan pekerjaannya saat ini. Sehingga, penting untuk selalu mengikuti dan memperdalam berbagai konsep dan literatur terkini yang berkaitan dengan Studi penyuluh pembangunan. Terakhir, acara di tutup dengan foto bersama dan ramah tamah.