Sekolah Pascasarjana (SP ) – Dalam gelaran The 11th International Conference on Public Health 2024 dengan tema “Improving Mental Health of the Elderly”  yang diselenggarakan pada hari Rabu (29/05/2024) di UNS Tower oleh Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UNS. Tujuan konfrensi ini adalah membahas permasalahan dan tantangan yang dihadapi lansia serta mencari tahu cara inovatif untuk mengatasi masalah ini dengan fokus khusus pada kesehatan mental. Konfrensi ini menghadirkan beberapa pembicara yang berasal dari dalam dan luar negri, masing-masing pembicara membawakan materi terkait topik Kesehatan mental pada lansia.

Pada konfrensi ini Prof Helen Herrman (University of Melbourne, Australia) membawakan materi terkait “Improving Mental Health of Elderly People”.  Prof Ashir Ahmed (Kyushu University, Japan) membawakan materi terkait Transforming Elder Care with Technology. Prof Budi Anna Keliat (Universitas Indonesia) membawakan materi terkait Deinstitusionalisasi Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Dr. Joel Rey Acob (Visayas State University, Philippines) membawakan materi terkait Proactive Sunse: Improving Mental Health of the Elderly. Dr. Reuben Jacob (Flinders, Australia) membawakan materi terkait Mental Health and Wellbeing – Elderly Prespectives. Dr. Intje Picauly (Universitas Nusa Cendana) membawakan materi terkait Gizi & Kesehatan Lansia: Memasuki & Menikmati Masa Lansia Dengan ‘Sehat & Bahagia’ (Setia). Dr. Hanung Prasetya (Poltekkes Surakarta) membawakan materi terkait Stengththening Holistic Health to Optimize Elderly Quality of Life. Pada Konfrensi ini juga menghadirkan Dr. I Dewa Gede Basudewa selaku Direktur UPTD Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali yang menyampaikan materi mengenai Maintaining Mental Health in the Elderly.

Terdapat 2 kegiatan utama pada konfrensi ini yaitu, Symposium oleh para pembicara ahli dan kegiatan oral presentasi yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dan praktisi di lingkungan Kesehatan. Terdapat 87 naskah penelitian yang dipresentasikan pada kegiatan oral presentasi. Naskah yang dipresentasikan oleh partisipan juga akan di publikasikan dalam bentuk E-Prosiding yang dimuat dalam website www.theicph.com. .