Surakarta – Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Seminar Internasional Conference on Multidisciplinary Studies (ICoMSI) 2024. ICoMSI adalah seminar internasional tahunan untuk mengakomodasi  para peneliti untuk memaparkan karya ilmiah di bidang ilmu multidisipliner. Konferensi ini selalu disambut antusias oleh para peneliti dan praktisi dari berbagai bidang ilmu tiap tahunnya. Konferensi ini menghadirkan 100 penyaji makalah dari berbagai bidang ilmu multidisiplin dari berbagai Perguruan Tinggi secara daring maupun luring. Seminar Internasional ketiga ini mengusung tema, “Navigating Complexity: Unlocking Opportunities for Sustainable Development in the Face of Challenges” Topik diangkat dengan tujuan untuk memacu peneliti melakukan penelitian multidisiplin atau lintas bidang ilmu mengikuti isu-isu penelitian saat ini terkait pelestarian warisan budaya, keadilan sosial dan keseimbangan ekologi dalam pembangunan berkelanjutan.

Seminar Internasional dilaksanakan secara hybrid dengan peserta luring bertempat di UNS Tower Hotel, pada hari Kamis 17 Oktober 2024 yang menghadirkan Diane Butler, Ph.D., merupakan peneliti dari Amerika Serikat sekaligus peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai keynote speakers pada sesi pertama; dan Lars Gjelstad, Ph.D., dari University College of Western Norway. Sebagai pembicara panel kedua menghadirkan Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D., dari Universitas Sebelas Maret dan Prof. Ananta Giri Kumar, Ph.D., dari Madras Institute Development Studies, India.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, Dr. Akbarudin Arif, S.S., M.A., yang menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan Universitas Sebelas Maret serta berharap dengan konferensi internasional yang telah terselenggara setiap tahun ini dapat mengatasi tantangan global dengan mendorong dialog dan diskusi serta kolaborasi multidisiplin ilmu dalam mengembangkan pendekatan yang inovatif demi masa depan yang berkelanjutan dan inklusif.

Kegiatan Seminar Internasional ini resmi dibuka oleh Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian Universitas Sebelas Maret. Pada kesempatan kali itu beliau juga menyampaikan bahwa di era digital yang serba cepat dan bergerak dinamis ini, perlu adanya pelestarian budaya dan perlu menumbuhkan keadilan sosial yang menjunjung tinggi toleransi untuk keberlanjutan kehidupan harmonis masyarakat.

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan hasil penelitian oleh pemakalah pada parallel session yang dibagi ke dalam 4 (empat) kelas dipandu oleh masing-masing moderator. Acara ditutup dengan foto bersama.

Dr. Akbarudin Arif, S.S., M.A., selaku Ketua Panitia ICoMSI 2024

Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian Universitas Sebelas Maret