SP – Sekolah Pascasarjana (SP) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) UNS menggelar Webinar Nasional Ada Apa Dengan Tugas Akhir? (AADTA), “Stop Overthinking! Tips and Trik Cara Cepat Selesaikan Tugas Akhir”, Minggu (2/06/ 2024).

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Sekolah Pascasarjana UNS Prof. Dr. sc. Agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., IPM., ASEAN Eng menyampaikan bahwa mahasiswa harus lebih aktif diskusi dengan dosen pembimbing untuk menentukan topik penelitian tugas akhir.

“Dalam menyelesaikan tugas akhir, mahasiswa harus sering diskusi dengan dosen pembimbing untuk menemukan dan meramu topik penelitian, menemukan kebaruan atau novelty, dan perlu banyak membaca literatur terkait sesuai dengan tema penelitian yang serupa,” ujar Prof. Adi.

Dengan banyak membaca literatur, lanjut Prof. Adi, mahasiswa akan tahu mana yang sudah diteliti orang lain mana yang belum, kemudian mana penelitian yang bisa dilanjutkan sehingga terdapat unsur novelty atau kebaruan dalam penelitian.

Pembina Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UNS Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum. juga turut hadir dalam kegiatan webinar ini. Dalam sambutannya Prasetyo Adi mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan webinar.

“Mungkin ketika mengerjakan tugas akhir, kita akan dihadapkan dengan problem akademik dan non akademik. Oleh karena itu kita harus kuat. Ikutilah kebijakan dari masing-masing program studi sebagai syarat lulus, dan semoga melalui webinar yang disampaikan oleh narasumber pagi ini, dapat bermanfaat untuk peserta yang hadir,” ujarnya.

Webinar nasional ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dosen Universitas Negeri Semarang Siti Nuzulia, S.Psi., M.Si., Ph.D dan Lulusan tercepat dan termuda Program Doktor UNS 2024 Dr. Nina Queena Hadi Putri, S.S., S.Pd., M.Pd.