Sekolah Pascasarjana – Program Doktor Ilmu Lingkungan dari Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret dengan bangga mengumumkan pelaksanaan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) yang akan diadakan pada Jumat (07/06/2024) mulai pukul 13.00 hingga selesai, bertempat di Lantai 2 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta memberikan solusi praktis mengenai pengelolaan sampah yang berkelanjutan di kalangan masyarakat. Program ini juga akan melibatkan berbagai pihak diantaranya akademisi di Universitas Sebelas Maret, Bank Sampah Mekar Asri, PKK Perum Gunungsari, dan Pemerintah Desa Pengkok.

Salah satu materi utama yang akan dibahas dalam kegiatan ini adalah “Pengembangan Alat Pirolisis Skala Rumah Tangga Sebagai Solusi Pemanfaatan Limbah Plastik,” yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc., dari Group Riset Analytical And Environmental Chemistry, Universitas Sebelas Maret. Teknologi pirolisis merupakan proses dekomposisi termal yang terjadi tanpa kehadiran oksigen atau dengan jumlah oksigen yang sangat terbatas. Dalam pirolisis, bahan organik dipanaskan pada suhu moderat (300–700 °C), yang menyebabkan bahan tersebut terurai menjadi gas, cairan, dan padatan. Proses ini dapat dilakukan dengan kehadiran katalis (pirolisis terkatalitik) atau tanpa katalis (pirolisis termal). Materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan solusi praktis kepada masyarakat mengenai pengelolaan limbah plastik dengan teknologi pirolisis yang dapat diterapkan di skala rumah tangga maupun komunitas.

Dalam kegiatan ini, beberapa tokoh masyarakat turut serta diundang dalam kegiatan ini agar dapat berkontribusi untuk lingkungan yang lebih baik. Acara ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Sebelas Maret untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui kegiatan akademik dan sosial.