Sekolah Pascasarjana berkesempatan untuk menyelenggarakan kembali The 5th International Conference on Environmental and Sustainable Development (5th ICESD). Konferensi internasional ini telah berlangsung pada hari Selasa (27/08/2024) secara daring/online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

 

Wakil Rektor IV untuk Bidang Perencanaan, Kerjasama, Internasionalisasi, dan Informasi, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. mewakili Rektor untuk membuka konferensi internasional ini. Melalui sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret sebagai penyelenggara acara serta memberikan apresiasi kepada semua peserta dan presenter yang telah hadir dan berpartisipasi dalam 5th ICESD.

5th ICESD diadakan secara strategis sebagai respons terhadap meningkatnya krisis lingkungan yang mengancam sistem ekologi dan manusia di seluruh dunia serta untuk mengeksplorasi solusi inovatif untuk pembangunan di masa mendatang. Ketika dunia sedang berjuang dengan isu-isu seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan penipisan sumber daya, konferensi ini menyediakan platform penting bagi para pemikir terkemuka untuk berbagi wawasan dan strategi terkait pembangunan berkelanjutan.

Konferensi internasional ini menawarkan kesempatan bagi para akademisi, praktisi, pembuat kebijakan, hingga pemangku kepentingan untuk bersatu dalam tujuan bersama yakni ‘memajukan pengetahuan dan tindakan dalam keberlanjutan serta konservasi ekologi’. Tema dari konferensi ini, “Building Resilient Futures – Advancing Ecological Sustainability and Conservation” mencerminkan adanya komitmen untuk tidak hanya memahami dan mengurangi dampak dari berbagai tantangan lingkungan tetapi juga untuk meningkatkan ketahanan ekosistem serta masyarakat terhadap ancaman di masa mendatang.

Pada kesempatan kali ini, 5th ICESD menghadirkan sejumlah pembicara dari dalam dan luar negeri, antara lain yaitu:

  1. Parulian Silaen, Ph.D. dari University of Wollongong, Australia;
  2. dr. Ari Natalia Probandari dari Universitas Sebelas Maret, Indonesia;
  3. Prof. Dr. Mohammad Hairy Ibrahim dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia;
  4. Dr. Ir. Yohanes Purwanto, DEA dari Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia;
  5. Chung-Hung Lee dari National Dong Hwa University, Taiwan.

Tingginya antusiasme akan penyelenggaraan konferensi internasional ini ditunjukkan oleh kehadiran dari 190 peserta dan 176 presenter. Semua makalah yang telah dipresentasikan dalam 5th ICESD dan telah melalui blind review akan diterbitkan dalam Journal of Physics: Conference Series (JCPS) – IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (EES) yang terindeks Scopus.