Surakarta – Pada tahun 2020, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret untuk kedua kalinya menyelenggarakan kegiatan Visitasi Akreditasi Lapangan secara daring (online) melalui aplikasi zoom untuk Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan setelah sebelumnya telah yang pertama kali pelaksanaan visitasi daring dari Program Studi S3 Ilmu Pertanian.

Visitasi Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi Ilmu Doktor (S3) Penyuluhan Pembangunan oleh Asesor BAN PT dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 4-5 Agustus 2020. Asesor yang ditunjuk untuk asessmen Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan oleh Dr. Hermin Indah Wahyuni, Phil., M.Si., S.IP dari Universitas Gadjah Mada dan asessmen Institusi Pascasarjana oleh Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, M.S., dari Universitas Brawijaya. Kegiatan dimulai pada hari Selasa, tanggal 4 Agutus 2020, pada pukul 08.00 dengan sambutan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yaitu Prof. Drs. Sutarno, MSc., Ph.D. Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Pimpinan Pengelola Pascasarjana, Program Studi, Tim Penyusun Borang Pengelola, Tim Penyusun Borang PS, beberapa dosen, dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Gedung Pascasarjana Baru Universitas Sebelas Maret untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil. Meskipun di kumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberi jarak 1 meter antar personal.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (Fakultas) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun borang pengelola (3B). Sesi selanjutnya konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu.  Para asesor dijelaskan oleh Direktur Pascasarjana terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pascasarjana seperti perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. Setelah ishoma, sesi konfirmasi dengan Program Studi yang dipimpin oleh Kepala Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan yaitu Dr. Sapja Anantanyu, S.P., M.Si. Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama asesmen, kedua asesor melakukan wawancara dengan alumni dan mahasiswa S3 Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret pada hari kedua asesmen. Sesi tanya jawab terkait dengan borang Program Studi S3 Penyuluhan Pembangunan diakhiri pada pukul 13.00 hari Rabu 5 Agustus 2020. Dilanjutkan dengan pembuatan berita acara. Asesmen dilanjutkan dan asesor memberikan review dan berita acara terkait dengan asessmen lapangan. Hasil visitasi dapat diketahui kurang lebih 2 bulan sejak asessmen lapangan.