Surakarta – Pada tanggal 9-10 Oktober 2020 Program Studi Magister Biosain melaksanakan visitasi akreditasi atau asesmen lapangan secara daring dengan BAN PT. Asesor yang bertugas dalam visitasi daring kali itu adalah Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, DEA., dari Institut Teknologi Bandung dan Prof. Dr. Yosephine Sri Wulan M., M.Si., dari Universitas Airlangga.

Visitasi Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi Magister (S2) Bosain oleh Asesor BAN PT dilaksanakan selama dua hari jatuh pada hari Jumat-Sabtu. Kegiatan dimulai pada hari Jumat, tanggal 19 Oktober 2020, pada pukul 08.00 dengan sambutan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret yaitu Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., dan dilanjutkan penyampaian borang Pascasarjana oleh Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yaitu Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. Seperti visitasi akreditasi lapangan secara daring sebelumnya yang pernah terselenggara di Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Pimpinan Pengelola Pascasarjana, Program Studi, Tim Penyusun Borang Pengelola, Tim Penyusun Borang PS, beberapa dosen, alumni dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Gedung Pascasarjana Baru Universitas Sebelas Maret untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil. Meskipun di kumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberi jarak 1 meter antar personal.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (Fakultas) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun borang pengelola (3B). Sesi selanjutnya konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu.  Para asesor dijelaskan oleh Direktur, Wakil Direktur I dan Wakil Direktur II Pascasarjana Universitas Sebelas Maret terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pascasarjana seperti perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. Setelah ishoma, sesi konfirmasi borang dengan Program Studi yang dipimpin oleh Kepala Program Studi S2 Biosain yaitu Dr. Ari Susilowati, M.Si juga dengan dosen, mahasiswa dan alumni Program Studi S2 Biosain. Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama asesmen, kedua asesor melakukan wawancara dengan tenaga pendidik S2 Biosain Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Sesi tanya jawab terkait dengan borang Program Studi S2 Biosain diakhiri pada pukul 11.00 hari Sabtu, 10 Oktober 2020. Dilanjutkan dengan pembuatan berita acara dan ditandatangani oleh Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D., untuk Berita Acara F5, dan Dr. Ari Susilowati, M.Si., untuk berita acara F4.

Harapan besar bagi Program Studi Magister Biosain dan segenap civitas akademika Pascasarjana Universitas Sebelas Maret agar hasil yang didapatkan mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik sehingga bermanfaat bagi kemajuan Universitas Sebelas Maret.