PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) S2 ILMU GIZI UNS

Selama satu bulan,  sejak tanggal 13 Mei hingga 14 Juni 2024, mahasiswa S2 Ilmu Gizi melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Kegiatan ini merupakan mata kuliah wajib Prodi, yang muatannya disesuaikan peminatan mahasiswa.  PKL untuk minat klinis (Clinical Nutrition) dilaksanakan di RS Dr Moewardi Surakarta, sedangkan untuk kelas Human Nutrition yang berorientasi ke gizi masyarakat dilakukan di wilayah DKK Boyolali. Tujuan pembelajaran PKL adalah untuk mengimplementasikan teori yang sudah didapat mahasiswa di mata kuliah sebelumnya dan sekaligus untuk mendapat pengalaman langsung dalam mengenali dan  memecahkan masalah gizi di rumah sakit maupun di lapangan.

Kegiatan PKL gizi masyarakat di wilayah DKK Boyolali setelah diserahterimakan dari Kaprodi  kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dilanjutkan pelaksanaan PKL dalam 6 kelompok kecil di Puskesmas Nogosari, Puskesmas Sambi, Puskesmas Mojosongo, Puskesmas Tamansari, Puskesmas Gladagsari dan Puskesmas Cepogo. Selama sebulan mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan terkait program gizi di lapangan dengan bimbingan dosen pengampu mata kuliah dan pembimbing lapangan dari DKK/ Puskesmas setempat. Hasil kegiatan selanjutnya dipresentasikan dalam seminar di DKK pada akhir kegiatan dan ditulis dalam jurnal pengabdian.

Sementara untuk kelas klinis, diawali dengan keikutsertaan mahasiswa dalam PRADIK yang diadakan oleh RS Dr Moewardi untuk mengenal ketentuan pelaksanaan PKL dan tata tertib yang berlaku.  Selain itu mahasiswa juga mendapat bekal pengetahuan tentang Peningkatan Mutu, Keselamatan Pasien; Pencegahan dan Pengendalian Infeksi; K3-RS; Basic Life Support Teori, serta dilaksanakan Sumpah wajib simpan rahasia pasien. Pelaksanaan praktik di RS Moewardi dikoordinir melalui Instalasi Gizi. Setelah mahasiswa diserahterimakan dari Kaprodi S2 Ilmu Gizi ke Kepala Instalasi Gizi, selanjutnya dibagi dalam kelompok kecil untuk mengikuti stase di beberapa bangsal agar mahasiswa dapat melihat langsung kasus-kasus penyakit yang memerlukan penatalaksanaan gizi. Hasil pengamatan kasus kemudian disusun dalam bentuk laporan dan dipresentasikan dengan bimbingan instruktur. Semua kegiatan PKL berakhir pada tanggal 14 Juni 2024.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *