Lokakarya S2 Gizi UNS : Implementasi Sistem Penjaminan Internal untuk mewujudkan Sistem Penjaminan Eksternal Unggul

Program studi S2 Ilmu Gizi saat ini dalam tahap mempersiapkan diri dalam menghadapi reakreditasi oleh LAMPTKES pada bulan Januari 2023. Upaya persiapan telah didahului dengan loka karya penyusunan LKPS dan SPMI pada akhir bulan September 2021, dan kemudian disusul lokakarya berikutya yang mengusung tema “Implementasi SPMI untuk Wujudkan SPME Unggul” yang diselenggarakan pada tanggal 07 Oktober 2021.

Kegiatan lokakarya dilakukan secara daring atau via zoom dan juga offline, dimana beberapa panitia dan dosen yang terlibat ikut bergabung dalam kegiatan ini di gedung pascasarjana UNS dengan mengikuti protokol kesehatan yang sesuai. Acara ini menghadirkan pemateri Dr. Wonny Achmad Ridwan SE., MM (Kepala Divisi dan Pengembangan SDM P2SDM-LPPM IPB) dan dibuka oleh Dekan Pascasarjana Prof. Drs. Sutarno, MSc, PhD. Peserta adalah dosen S2 Ilmu Gizi, Kepala Program Studi dan GKM di lingkungan UNS dan mitra S2 Ilmu Gizi.

Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan penerapan atau implementasi dari SPMI yang untuk memecahkan masalah mutu pendidikan di Indonesia, dalam memperoleh akreditasi yang unggul. Penerapan SPMI di institusi merupakan kewajiban yang diatur Pemerintah. SPMI yang saat ini sudah berjalan, harus dilanjutkan dengan pengendalian dan peningkatan mutu, sehingga siap untuk menghadapi SPME, dalam hal ini akreditasi program studi. Akan tetapi penting diperhatikan SPMI harus mendorong budaya mutu bukan hanya sekedar mencapai akreditasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *