MAGITALK SERI #3 (MAGISTER GIZI TALKSHOW)

Berat Badan Turun Tidak Hanya Saat Berpuasa

UNS – Kamis (21/4)

Seri ketiga dalam rangkaian kegiatan MAGITALK dilaksanakan pada 21 April 2022 dan mengangkat tema “Obesitas Berpuasa? Kenapa Tidak” untuk membahas serba-serbi puasa dan perencanaan penurunan berat badan selama puasa. Seri ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Alifiyanti Muharramah, S.Gz, M.Gz, pendidik di Universitas Aisyah Pringsewi dan Aslul Khitan, S.Gz, mahasiswa pascasarjana ilmu gizi UNS. Kegiatan ini dibuka oleh ketua panitia, Nyono Dedi Prabowo dan dimoderatori oleh Lintang Mega Pertiwi.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh kedua narasumber, dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Sesi ketiga ini membahas tentang makanan yang disarankan untuk penurunan berat badan dan tips serta trik penurunan berat badan selama puasa yang akan tetap bertahan hingga bulan-bulan selanjutnya. Aslul Khitan sebagai pemateri pertama menyampaikan bahwa banyak penelitian membuktikan konsumsi buah dan sayur mempengaruhi penurunan berat badan. Kurangnya konsumsi sayur dan buah atau sumber serat juga terbukti meningkatkan resiko obesitas pada perempuan pra lansia. Sayuran yang dianjurkan untuk orang dengan obesitas diantaranya spirulina, mentimun, jamur, kimchi. Sedangkan buah yang dapat membantu menurunkan berat badan yaitu kurma, buah ara/tin, delima, semangka, pisang, anggur, kismis (anggur yang dikeringkan), apel, kiwi, zaitun, alpukat, jeruk, pir dan jambu biji. Aslul Khitan juga menyampaikan upaya untuk mengurangi dampak pestisida pada buah dan sayur agar lebih aman dikonsumsi yaitu pada proses pengolahannya. Pengolahan sayur dan buah agar aman dikonsumsi yaitu harus dicuci, kupas kulit buah, membuang lapisan luar sayur, atau dapat dilakukan perendaman dengan air panas.

Pembicara kedua, Alifiyanti, menyampaikan bahwa saat berpuasa risiko peningkatan berat badan karena aktifitas berkurang (dengan alasan lemas/lapar karna berpuasa) dan banyak konsumsi makanan digoreng, bertepung atau bergula tinggi saat berbuka. Alifiyanti membagikan tips bagaimana mengelola penurunan berat badan saat berpuasa sehingga berat badan tetap stabil meski sudah tidak puasa ramadhan. Solusi penurunan berat badan terencana selama puasa baiknya meliputi membatasi asupan energi dari total lemak, gula dan sodium; melakukan aktifitas fisik secara teratur, istirahat yang cukup, dan meningkatkan konsumsi sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan. Dengan menerapkan tips tersebut secara konsisten, maka penurunan berat badan tidak hanya akan terjadi saat puasa/ bulan ramadhan tapi akan stabil meski sudah tidak lagi menjalankan puasa.

Antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab sangat tinggi, tidak hanya pada seri ini, antusiasme peserta saat sesi tanya jawab sudah tinggi sejak sesi 1. Pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dapat disampaikan ke nomor kontak panitia dan akan disampaikan dan dijawab oleh narasumber. Penanya terbaik pilihan panitia diberikan hadiah. Diakhir acara, panitia memberikan sertifikat kepada pembicara dan moderator.

Kegiatan MAGITALK seri 4 akan dilaksanakan kembali pada tanggal 28 April 2018, dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat. Informasi mengenai kegiatan MAGITALK seri 4 dapat dilihat pada flyer terlampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *