WEBINAR: Optimalisasi Pangan Hewani Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Indonesia

Tanggal 25 Februari 2023, dalam rangka merayakan Hari Gizi Nasional 2023, mahasiswa Magister Ilmu Gizi Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret mengadakan webinar yang mengusung tema “Optimalisasi Pangan Hewani Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Indonesia”. Kegiatan ini merupakan implementasi pengabdian kepada masyarakat dari mahasiswa dan alumni. Webinar diadakan untuk meningkatkan pengetahuan kader Posyandu dalam penanganan stunting, menghadirkan dua alumni Magister Ilmu Gizi UNS sebagai narasumber: Florentinus Nurtitus, M.Gz.,RD yang juga menjabat Wakil Ketua PERSAGI DPD Jawa Tengah dan Sigit Yudistira. M.Gz, alumni dan Dosen STIKes Husada Borneo.

Kegiatan berlangsung secara daring, diikuti oleh 240 peserta, diawali dengan pembukaan oleh MC Siti Aisyah, S.Tr.Gz. Sesi utama pemaparan materi dipandu oleh Moderator Agustiarini Dewi, S.Gz. Materi yang dibawakan oleh pembicara pertama, Florentinus Nurtitus, M.Gz.,RD, mengenai permasalahan stunting di Indonesia, dampak stunting di masa depan dan cara mengenali stunting. Beliau menyampaikan bahwa stunting merupakan masalah yang memang harus segera diperbaiki di Indonesia dan pada tahun 2024 angka stunting ditargetkan mencapai <14%.  Inti paparan menjelaskan bahwa stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama yang dapat berdampak pada gagal tumbuh hingga dewasa dan mempengaruhi kualitas manusia. Stunting tidak hanya berdampak pada tinggi badan anak saja, tetapi juga dapat mengalami kemunduran pada motorik dan kecerdasannya. Permasalahan ini terjadi karena stunting berawal pada anak dibawah usia 2 tahun dimana pada usia ini merupakan usia tumbuh kembang otak yang optimal.

Pemateri kedua Sigit Yudistira, M.Gz membagikan ilmu tentang prospek pangan hewani sebagai pangan untuk mencegah stunting. Beliau menyampaikan bahwa bagaimana optimalisasi pemanfaatan pangan hewani sebagai upaya pencegahan masalah gizi stunting. Protein hewani pada Peringatan Hari Gizi tahun ini diangkat menjadi tema karena potensinya untuk mencegah stunting. Namun demikian, pemberian protein hewani bukan satu-satunya jalan dalam upaya pencegahan masalah gizi stunting. Tidak kalah penting untuk selalu menerapkan konsep isi piringku yang menunjukkan pentingnya sumber zat gizi lain secara seimbang dalam tumbuh kembang anak. Selain itu juga dipromosikan tentang konsep B2SA, yang merupakan singkatan dari Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman sebagai  slogan gizi yang dicanangkan untuk mendorong pemenuhan gizi yang beragam dan seimbang.

Peserta terlihat sangat antusias dalam sesi tanya jawab dengan banyak mengajukan pertanyaan. Penanya terbaik yang dipilih oleh panitia diberikan  hadiah berupa Voucher pulsa senilai Rp. 50.000. Pada akhir acara panitia memberikan sertifikat kepada pembicara dan juga kepada moderator. Terimakasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam membantu dan mensukseskan acara webinar dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang ke-63 ini, termasuk pihak Sponsorship yaitu Striata Group dan Hasah Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *