Kuliah Pakar dalam rangka Pelatihan dan Penguatan Publikasi Internasional “Dari Tesis Ilmu Gizi Menuju Publikasi Internasional Bereputasi “

Magister Ilmu Gizi Sekolah Pasca Sarjana Unersitas Sebelas Maret melaksanakan kuliah pakar pada hari Rabu, 29 Maret 2023 secara daring dengan pembicara dr. Rina Agustina, Msc., PhD.  Tema yang diambil adalah tentang penulisan publikasi internasional dengan judul “Dari tesis ilmu gizi menuju publikasi internasional bereputasi”.

Menurut Kaprodi S2 Ilmu Gizi, Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes, Sp.GK dalam sambutan pembukaan, topik ini diambil karena publikasi internasional merupakan salah satu luaran tesis yang wajib dilakukan oleh mahasiswa S2 Gizi UNS. Diharapkan hadirnya pembicara dr. Rina Agustina, Msc., PhD yang memiliki banyak publikasi terindeks Scopus dan penerima banyak award untuk riset-risetnya dapat menginspirasi mahasiswa S2 Gizi untuk  tidak sekedar memenuhi kewajiban tetapi dapat lebih meningkatkan kualitas riset dan publikasinya.

Diikuti 85 peserta Magister Ilmu Gizi Sekolah Pasca Sarjana, dr. Rina Agustina, Msc., PhD memberikan motivasi dalam memulai mengerjakan proposal hingga tahap akhir penelitian dan publikasi. Melalui publikasi dapat memberi inspirasi pada peneliti lainnya yang berada di negara lain, bisa mendapatkan penghargaan dan bisa mendapat hak paten. Disampaikan juga bahwa publikasi yang baik dimulai dari proposal yang baik.

Beberapa tip dan strategi disampaikan oleh narasumber, diantaranya:

  1. Mulai dengan membuat garis besar makalah
  2. Memulai lebih awal saat data dalam tahap analisis
  3. Melihat data dan memutuskan dalam menyajikan hasil (tabel, gambar, teks)
  4. Pola dan petunjuk untuk memandu argumen
  5. Memulai dengan hasil dan metode, pendahuluan dan diskusi/kesimpulan
  6. Menulis judul dan terakhir abstrak
  7. Baca ulang dan minta tolong teman untuk membaca ulang.

Tidak lupa disampaikan untuk banyak berlatih dan tidak mudah berputus asa jika tulisan ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *