Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa S2 Ilmu Gizi UNS

Program Studi S2 Ilmu Gizi peminatan Human Nutrition dan Clinical Nutrition diwajibkan untuk melaksanakan PKL yang masuk ke dalam mata kuliah pada semester ke III (tiga) dengan jumlah SKS sebanyak 3 SKS. Peminatan Human Nutrition melaksanakan kegiatan PKL di beberapa puskesmas yang berada di daerah Jawa Tengah seperti Kota Sragen, Klaten dan Boyolali. Sementara itu, pada peminatan Clinical Nutrition melakukan kegiatan PKL mata kuliah Rotasi Gizi Klinik di Rumah Sakit (RS). Kegiatan PKL di RS pada peminatan Clinical Nutrition dilakukan di RSUD Moewardi Surakarta. Kerjasama akademik Prodi S2 Ilmu Gizi dengan pihak puskesmas maupun RS tersebut masih berjalan hingga saat ini.

Kegiatan PKL ini dilaksanakan pada tahun 2021, dimana kegiatan PKL tersebut berlangsung pada masa pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan PKL yang dapat berjalan hanya pada peminatan Human Nutrition. Kegiatan PKL yang dijalankan tentu dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan Covid-19  seperti melakukan pengecekan suhu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan petugas wawancara menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan pada saat menjalani PKL di Masyarakat, yaitu melakukan penyuluhan gizi kepada ibu hamil, ibu balita, remaja putri, maupun petugas kader puskesmas. Kegiatan lain, yang dilakukan yaitu kegiatan pemantauan posyandu balita, pengadaan kelas ibu hamil, dan pengukuran antropometri berupa Tinggi Badan (TB) dan berat badan (BB). Kegiatan akhir yaitu melakukan pengambilan data primer dan melakukan kegiatan monitoring evaluasi gizi. Berikut ini, merupakan serangkaian kegiatan PKL di masyarakat yang sudah dilaksanakan.

Kegiatan Penyuluhan Gizi pada Remaja dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan
Kegiatan Konseling Gizi di Puskesmas Kedawung II Kota Sragen
Kegiatan Konseling Gizi di Puskesmas Kedawung II Kota Sragen
Penimbangan Berat Badan (BB) Balita di Posyandu Desa Kaloran
Penimbangan Tinggi Badan (TB) Balita di Posyandu Desa Gemulung
Pemantauan Monev Pendamping Ibu Hamil oleh Kader di Puskesmas Gemolong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *